Rabu, 10 Februari 2016

Bermain dengan Arduino (Chapter 1)

Halooo para pembaca, kenalkan saya Adinda Juwita Ningtyas. Saat ini saya sedang menjalani kuliah S1 di jurusan Sistem dan teknologi Informasi atau STI angkatan 2013. Nah di salah satu mata kuliah, Interaksi Manusia dan Komputer (IMKA), ada tugas bermain dengan Arduino. Tugas pertama adalah membuat rangkaian dengan Arduino Uno, dua buah 7-segment dan sebuah sensor. Tugas ini dikerjakan berkelompok dan kelompok saya terdiri dari 4 orang, yaitu

Yuni Citrawati (18213016)
Adinda Juwita Ningtyas (18213026)
Airen Rizky F (18213028)
Dewi Nurbuaty (18213039)

Awalnya kami lupa untuk mengerjakan tugas ini (kebiasaan nii) padahal deadline-nya 2 minggu dari pemberian tugas hari Jumat. Alhasil kami baru mulai mengerjakan H-3 di hari selasa.
Langsung saja nih ceritanya…

Sensor yang kami pakai adalah LM35 atau sensor suhu (cari yang murah). Pada percobaan pertama, kami coba dulu merangkai sensor suhunya untuk mengecek jalan atau tidak. Kami melihat kode-nya dari cookbook dan bantuan internet. Rangkaian sudah dipasang, kode sudah diunduh ke Arduino , tinggal lihat di layar monitor berhasil atau tidak. Layar monitor sudah menunjukkan angka-angkanya, betapa senangnya kami karena berhasil. Namun apa yang terjadi? Angka yang muncul adalah 499 derajat celcius (padahal suhu kamar rata-rata 27 C).

Masalah pertama berhasil membuat kami panik, pasalnya kode sudah sama dengan cookbook, rangkaianpun sudah serupa. Beberapa kali kami mengganti kodenya tapi tetap saja tak berubah. Kemudian kami memutuskan untuk mencoba nya dari awal. Kami bongkar semua rangkaian dan kami pasang kembali. Kami unduh lagi kodenya dan kami jalankan. Lalu apa yang terjadi? Layar monitor menunjukkan angka 28. Yeay. Akhirnya LM35 berhasil ditaklukkan.


Selanjutnya ami membuat rangkaian bersama 7-segment. Dengan percaya diri kami langsung merangkai 2 buah 7-segment dan LM35 sesuai dengan gambar acuan. Nah karena di cookbook kurang lengkap, kami mencari referensi kode dari internet. Kami coba compile kodenya ternyata gagal karena bermasalah di sevenSegment.h. sudah kami include library-nya tetap saja gagal. Sudah dicoba berulang-ulang-ulang merubah kodenya juga tetap tidak jalan. Ketika membuka lagi buku semester kemarin, ternyata untuk menjalankan 2 7-segment tanpa library sevenSegment.h pun bisa. Akhirnya kami cari referensi kode baru tanpa library.
Rangkaian awal, belum bisa nyala. Liat deh resistornya banyak bangettt

Kemudian ketika kita mau nyoba buka fritzing, tidak sengaja ada modul membuat arduino dengan 2 buah 7-segment dan LM35. Wah. wah. wah. ini..... kita coba ikutin yang di fritzing itu, kita bongkar rangkaian dan kita rangkai ulang mengikuti fritzing, kodenya pun ikut dari sana. Kodenya panjang banget dan keliatan manual. tapi kita coba-coba aja dulu. Eh akhirnya, alhamdulillah bisa nyala dan nilai suhunya bener ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar